Apa Itu Sales Coaching? Dan Manfaat Pelatihannya

Apa Itu Sales Coaching

Apa Itu Sales Coaching?

Sales coaching merupakan sebuah proses pelatihan atau pengajaran yang dilakukan sales manager pada sales representative. 

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan performa kerja para sales representative.

 

Coaching dinilai sebagai usaha yang efektif dibanding hanya memberit ahu bawahan apa yang perlu mereka lakukan sehingga target perusahaan dapat dicapai atau bahkan terlampaui.

 

Menurut HubSpot, sales coaching yang baik adalah proses yang berulang dan dilakukan secara individu sehingga semakin mudah diingat.

 

Selain itu, coaching yang dilakukan harus bertujuan untuk memperbaiki perilaku atau usaha yang selama ini kurang efektif.

Pada akhirnya, coaching harus mampu meningkatkan kemampuan tim sales yang menjadi tanggung jawabmu dan tidak hanya berorientasi pada peningkatan angka target yang tercapai.

Teknik Sales Coaching

 

Berikut adalah beberapa teknik coaching yang bisa dilakukan tipe tim sales mana pun.

 

1. Menggunakan Data

Untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang tim sales-mu bisa kembangkan, pemanfaatan teknologi dan data adalah cara yang sangat membantu.

 

Salah satu hal yang bisa kamu gunakan adalah software CRM atau software sales lainnya.

Dengan software-software ini, bisa diketahui metrik konversi setiap bulannya. Identifikasi apa saja yang meningkat atau justru menurun dan pahami mengapa perubahan-perubahan ini terjadi.

 

2. Kombinasi Gaya Coaching

Sales coaching adalah proses yang dilakukan terus-menerus, sehingga perlu mencari gaya variatif untuk melakukannya.

 

Ada beberapa gaya coaching yang bisa dicoba, beberapa di antaranya adalah:

Strategic coaching: Strategic coaching dilakukan untuk mengajarkan penjualan ke pasar yang spesifik serta bagaimana melaksanakan proses pembelian yang kompleks.

 

 

Tactical coaching: Tactical coaching adalah bimbingan mengenai bagaimana memulai hubungan dengan konsumen dan lain-lain.

Specific skill coaching: Tipe coaching ini bisa dilakukan untuk membantu sales representative meningkatkan komunikasi dan strategi penjualan lainnya.

 

3. Ajak Partisipasi

Membuat tim sales-mu dapat berinisiatif dan mendukung proses sales coaching adalah teknik yang baik.

 

Alih-alih menyuruh mereka melakukan sesuatu untuk meningkatkan performa, ajaklah mereka dalam proses pengembangan diri dan tim yang dilakukan.

 

Tanyakan apa yang bisa mereka kembangkan, bagaimana performanya selama ini, dan metrik-metrik apa saja yang bisa mengukur perkembangan mereka dengan tepat.

 

Menurut Showpad, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ini adalah dengan mengadakan meeting one-on-one antara sales coach dan sales representative.

 

4. Sharing Antaranggota Tim

Jika ada salah satu anggota sales representative yang performanya menonjol, tawarkan dia untuk berbagi pada sales lainnya.

Dengan begitu, mereka bisa belajar dari rekan setim dan meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

Manfaat Training Sales Coaching Bagi Perusahaan

Self-Learning Salesperson

 

Semua orang bahwa sebaiknya belajar terus menerus sepanjang hidupnya, termasuk yang kita sebut sebagai sales person. Seorang pekerja sales tentu saja juga harus terus menerus belajar.

 

Apalagi di era digital ini, di mana perubahan terjadi dalam kecepatan yang tidak terbayang sebelumnya. Pengetahuan, teknologi dan perlengkapannya memudahkan seseorang untuk berinteraksi satu sama lain, dan kemudahan berinteraksi ini tersedia dalam genggaman setiap orang. Interaksi ini bisa dalam bentuk berkomunikasi biasa, namun bagi kita yang tidak mau menyia-nyiakan waktu, tentu saja lebih baik menggunakannya untuk belajar.

 

Di bidang sales, tentu saja hal ini juga berdampak. Kepungan digital ini berdampak pada perubahan pasar yang lebih sulit diprediksi. Karena perubahan ini terjadi sangat cepat, hampir tidak mungkin bagi seorang salesperson yang ingin maju bisa mengandalkan perusahaannya untuk memberikan update pengetahuan secepat perubahan yang terjadi. Sehingga di era ini dibutuhkan salesperson yang punya kemampuan untuk self-learning.

Peranan Perusahaan

 

Sekarang kita mengarah ke perusahaan. Kami memprediksi bahwa ke depan, akan ada pergeseran peran perusahaan dalam memfasilitasi pembelajaran tim sales-nya. Jika dalam 1-2 dekade yang lalu, perusahaan yang punya komitmen dalam pengembangan sumber daya manusia, akan menyiapkan program pelatihan berjenjang untuk memfasilitasi pengembangan karier salesperson, di masa yang akan datang, metode ini tidak akan cukup. Harus ada mekanisme pengembangan yang bisa memfasilitasi proses self-learning dari seorang salesperson.

 

Sales coaching, adalah program yang memfasilitasi salesperson untuk menentukan arah pengembangannya sendiri sesuai realita yang dia hadapi sehari-hari untuk mencapai tujuan karirnya. Proses ini hanya bisa berjalan jika difasilitasi oleh seorang sales coach atau sales leader yang mempunyai kompetensi coaching.

Mencetak Sales Coach Internal

 

Agar sebuah organisasi bisa mempunyai budaya self-learning pada tim sales-nya, maka perlu banyak sekali sesi coaching yang secara berkala dilakukan untuk memfasilitasi perubahan budaya tersebut.

 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Signature Programs

Read More
LEGO® SERIOUS PLAY®
Read More
Leadership In Motion
Read More
Outdoor Learning Experience

Follow Us

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Let's Connect

Let's Connect

    Agenda Public Program Risconsulting 2022

    Klien Kami

    Podomoro City Blok
    Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

    Jakarta Barat – 11470

    info@ris.co.id
    (021) 278 99 508

    X