December 14, 2024
Decision Making, 4 Tips Cerdas
Decision Making menjadi skill yang harus dimiliki semua karyawan dan juga pemimpin divisi atau perusahaan karena sangat bermanfaat untuk keperluan berkarir dan pengembangan bisnis. Setiap manusia pasti pernah membuat keputusan dalam hidupnya. Dari mulai makan, berpakaian, berteman, bahkan menikah.
Pada saat bekerja, decision making skill menjadi kemampuan yang lebih penting karena hal tersebut tentunya akan berdampak pada kelangsungan perusahaan dan juga tim. Untuk itu, dalam pengambilan keputusan memang tidak boleh asal. Karena jika salah langkah, maka perusahaan-lah yang akan menjadi taruhannya.
Decision making skill adalah kemampuan dalam mengambil keputusan. Atau lebih jelasnya, decsision making merupakan proses penyelesaian masalah dengan metode pengambilan keputusan dari dua pilihan yang memungkinkan. Decision making harus dilakukan seobjektif mungkin dengan melakukan proses identifikasi masalah.
Mengapa decision penting dilakukan dengan sangat hati-hati? Itu karena kamu tengah bekerja di perusahaan. Kamu membawa nama perusajaan dan juga nama rekan-rekan timmu.
Dilansir dari The Balance Careers, pengambilang keputusan yang paling tepat bisa dilakukan dengan mengikuti proses mulai dari memastikan informasi yang relevan dan mempertimbangkan setiap keputusan yang memungkinkan.
Proses-proses tersebut, antara lain;
Karena decision making merupakan skill yang sangat penting, maka kita tidak sebaiknya membiarkan tetap seperti itu. Decision Making Skill harus lebih ditingkatkan mengingat permasalahan bisnis dan perusahaan yang kita hadapi akan semakin berikut.
Untuk kamu yang ingin meningkatkan decision making skill, ikuti 4 tips-nya berikut ini:
1. Tinggalkan Ego Emosi
Dalam mengambil keputusan, sebaiknya libatkan rekan-rekan dan minta sudut pandang atas permasalahan yang sedang kalian hadapi. Menurunkan ego memang sulit, apalagi jika keputusan yang diambil menyangkut personal. Namun, jika kita masih mempertahankan ego dalam decision making, tentu keputusan yang kita buat tidaklah objektif. Jadi, usahkan untuk tetap melibatkan banyak sudut pandang rekan tim untuk mendapat hasil yang memuaskan.
2. Selalu Penasaran
Untuk membuat keputusan, kita haruslah dibekali dengan sifat selalu penasaran atau kritis. Tidak sembarangan mengambil keputusan tanpa memikirkan dampaknya, Kita harus senantiasa penasaran dan bertanya jika memang ada hal yang janggal. Sifat kritis ini nantinya akan membuat kita semakin terampil dalam mengambil keputusan.
3. Jangan Menunda
Sifat menunda-nunda memang harus dihilangkan sepenuhnya dari diri kta. Tentu saja, sifat menunda ini akan membuat kita kesulitan dalam mengambil keputusan.
Saat kita dihadapkan pada sebuah masalah, tentu kita tidak boleh menunda dalam mencari solusinya. Cepat dalam menanggapi permasalahan adalah yang terbaik.
4. Selalu mendengarkan
Dalam proses pengambilan keputusan tentu saja kita harus selalu menerima masukan dari orang lain. Apalagi jika orang tersebut memang memiliki kemampuan yang mumpuni.
Itulah mengapa kemampuan mendengarkan ini sangatlah dibutuhkan. Memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik, kita senantiasa bisa berdiskusi dan berkolaborasi untuk mengambil suatu keputusan dengan baik.
Dari penjelasan di atas, Decision Making memang softskill yang tak kalah penting dibandingkan dengan softsklikk yang lain, apalagi untuk keperluan Leadership. Untuk kamu yang tertarik mempelajari decision making skill, silakan mengikuti webinar Decision Making di risconsulting.id
Risconsulting menawarkan program pelatihan SDM untuk karyawan di kantor atau perusahaan guna meningkatkan performa dalam bekerja serta membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
Jangan menunda lagi. Cari tau detailnya, sekarang!
Tentang Risconsulting
Kami adalah solusi kreatif untuk
kapabilitas & kapasitas di era digital.
Capai tujuan bisnis Anda bersama tim ahli kami.
Klik tombol di bawah untuk konsultasi gratis.
Company
Signature Program
Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH
Jakarta Barat - 11470
info@ris.co.id
(021) 278 99 508