December 14, 2024
Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah event management. Atau sering juga disebut manajemen acara atau management event.
Tapi tahukah Anda pengertian dari event management? Manajemen event adalah penerapan manajemen proyek untuk membuat acara atau kegiatan secara profesional dan terstruktur dari awal hingga selesai. Baik acara skala kecil hingga besar dan sesuai dengan tujuan penyelenggara.
Untuk bisa menyelenggarakan event yang sukses, dibutuhkan pelatihan event management yang profesional. Mulai dari pra event seperti membuat perencanan dan konsep hingga sampai penyelenggaraan event semua harus disusun secara matang dan detail.
Sebelum mengetahui materi dalam pelatihan event management, Anda harus tahu dulu tujuan dari mengadakan event.
Tujuan event
Tentunya dalam membuat suatu acara, penyelenggara memiliki maksud dan tujuan tertentu.
Berikut ini tujuan dari sebuah event yang perlu Anda ketahui sebelum mengikuti pelatihan event management.
Namun, inti dari event diselenggarakan adalah tergantung dari kebutuhan dan kepentingan pihak yang mengadakan kegiatan tersebut. Bentuk acara atau event yang akan dipilih juga akan disesuaikan dengan jenis acara yang cocok dan sesuai tujuan dari masing-masing pihak yang ingin mengadakan event tersebut.
Tahapan manajemen event
Dalam pelatihan event management Anda akan mendapatkan informasi tentang tahapan dari sebuah acara akan berlangsung.
Tahapan tersebut adalah:
Ini adalah hal mendasar dari pelatihan event management. Anda akan mencari tahu ke arah mana event akan dibawa. Pakailah pertanyaan 5W dan analisa SWOT.
Kemampuan mengelola 5W dan SWOT ini bisa Anda tingkatkan dengan bergabung dalam pelatihan event management.
Pada tahap ini pihak yang mengelola acara akan membahas tema, susunan acara, dekorasi, pengisi acara hingga strategi komunikasi yang dipakai selama event.
Pelatihan event management akan membantu Anda membuat perencanaan atau planning.
Dalam planning ini, Anda dan tim akan menentukan waktu, biaya, tempat, durasi dan berbagai hal lain yang krusial untuk event.
Yang dimaksud koordinasi dalam pelaksanaan event adalah implementasi dari rencana yang sudah dikonsepkan secara matang. Dalam pelatihan event management, Anda akan tahu alur koordinasi dengan tim terkait untuk membuat acara berjalan sukses.
Pelatihan event management juga melatih Anda untuk bisa membuat evaluasi. Tahapan ini penting untuk Anda bisa mengetahui penyebab keberhasilan dan kegagalan event yang berlangsung.
Untuk bisa menghasilan event yang sukses dan memberikan kesan bagi para pesertanya tentu bukan hal mudah. Anda harus memiliki konsep yang matang, kolaborasi yang baik dengan unit lain dan tentu saja memilih vendor yang membantu acara tersebut.
Jika Anda ingin sukses sebagai event management, bisa menghubungi Risconsulting. Risconsulting akan memberikan pelatihan event management yang profesional dan membuat Anda menjadi ahli dalam menyelenggarakan acara.
Kami adalah solusi kreatif untuk
kapabilitas & kapasitas di era digital.
Capai tujuan bisnis Anda bersama tim ahli kami.
Klik tombol di bawah untuk konsultasi gratis.
Company
Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH
Jakarta Barat - 11470
info@ris.co.id
(021) 278 99 508