Apa Itu Mastering Collaboration

Mastering Collaboration

Pentingnya Mastering Collaboration

Suatu perusahaan mempunyai sebuah tim. Ketika bekerja dalam satu tim, Anda bekerja sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama, maka dibutuhkannya kolaborasi. Dimulai dengan pengaturan dan penyesuaian dengan tim melalui komunikasi yang baik, serta saling menghargai dan menghormati di dalam tim agar dapat mendapatkan hasil pencapaian yang luar biasa. Kolaborasi tidak hanya terjadi dan diperlukan antarindividu ataupun antartim dalam sebuah organisasi, bahkan sudah menjadi hal yang mendesak antarorganisasi dan bagi para professional freelancers

Apa sih Kolaborasi Itu?

Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk memunculkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama menuju visi bersama. Di sebuah organisasi yang saling tergantung, kolaborasi menjadi kunci pemikiran kreatif. Kolaborasi itu penting untuk mencapai hasil terbaik saat menyelesaikan masalah yang rumit. Agar kolaborasi dapat berhasil, diharuskan untuk mengidentifikasi kapan dan bagaimana berkolaborasi. Hal ini bisa dicapai dengan berlatih. Begitu pula pemahaman tentang mitra kerja sama. Dibutuhkan pemahaman dan penghargaan pada keahlian, kompetensi serta karakter orang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan kolaborasi yang tertinggi dapat diraih ketika kolaborasi itu melibatkan orang-orang dengan beragam gaya kerja, nilai-nilai, budaya, pendidikan dan latar belakang pekerjaan yang berlainan. Orang-orang tersebut akan menghadirkan pemikiran yang benar-benar berbeda dan akibatnya suatu persoalan akan ditangani dari berbagai segi. Akan tetapi, agar kolaborasi di level ini bisa berjalan efektif, dibutuhkan kepercayaan dan rasa saling menghormati.

Penting kah Mastering Collaboration?

Pentingnya kolaborasi karena perpaduan dari pengalaman kolektif setiap orang. Kolaborasi membantu menghasilkan ide yang berkualitas, budaya kerja yang berkualitas, dan kepuasan karyawan yang berkualitas.. Beberapa contohnya yaitu seperti bersama-sama merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga, Anda harus mau berbagi visi, misi, kekuatan, sumber daya, serta tujuan untuk mewujudkan hal tersebut. Syarat penting untuk berkolaborasi itu metetapkan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan dari kolaborasi itu karena tujuan kolaborasi yang dibuat harus dipahami dan dimengerti oleh semua pihak. Apakah tujuan kolaborasi itu untuk pencapaian tujuan bersama atau untuk penanggulangan masalah yang dihadapi bersama.  Pada umumnya, kolaborasi itu dibentuk berdasarkan prakondisi atau keadaan tertentu. Sehubungan dengan hal ini, para calon anggota kolaborasi harus saling memahami dan memiliki kesamaan persepsi serta deskripsi lengkap tentang prakondisi masing-masing anggota kolaborasi ataupun prakondisi sebuah kolaborasi yang akan dibentuknya.

 

 

Manfaat Kolaborasi

Mengimplementasikan kegiatan ini dalam bisnis sehari-hari dapat memberikan nilai tambah dengan mengurangi biaya dan alur kerja secara signifikan. Karena kegiatan kolaborasi ini mampu menciptakan karyawan yang mobile dan dapat diandalkan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pihak manajemen serta tim human resource (HRD). Adapun manfaat dalam kolaborasi, yaitu:

•  Pekerjaan cepat selesai

•  Pekerjaan menjadi lebih ringan

•  Menjalin rasa kebersamaan

•  Menjalin rasa persatuan

•  Menyadarkan pelaku bahwa lebih penting kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi

•  Dan lain sebagainya

Selain itu, manfaat terbesar lainnya adalah kesempatan untuk mendapatkan banyak inspirasi dan belajar. Karena interaksi apa pun yang Anda lakukan dengan seseorang di luar lingkaran Anda dapat mengajari Anda sesuatu yang berharga. Sehingga, kegiatan kolaborasi ini dapat menginspirasi dan berkontribusi pada cara berpikir baru.

Kolaborasi Tim

Menurut LumApps, kolaborasi tim adalah bentuk kolaborasi paling umum dibandingkan jenis-jenis kolaborasi lainnya. Dalam tipe kolaborasi ini, setiap anggota tim mengenal satu sama lain, terutama dalam hal peran yang diemban dan juga pengaruhnya. Biasanya, akan ada seorang leader yang bertugas untuk melakukan supervising setiap anggota tim. Setiap orang di dalamnya berkolaborasi secara rutin untuk menyelesaikan pekerjaan. Ketika pekerjaan selesai, seluruh anggota tim mendapatkan penghargaan setara.

Mengapa Mastering Collaboration Sangat Dibutukan?

Kolaborasi meningkatkan cara tim bekerjasama dan memecahkan masalah. Kolaborasi mengarah pada lebih banyak inovasi, proses yang efisien, peningkatan keberhasilan, dan komunikasi yang lebih baik. Dengan mendengarkan dan belajar dari anggota tim, Anda dapat saling membantu untuk mencapai tujuan Anda. Selain itu, kolaborasi juga memiliki keuntungan dalam tim, yaitu Pooling of talent and strengths (penyatuan bakat dan kekuatan, Development of employee skills (pengembangan keterampilan karyawan), Speeds up solution (mempercepat solusi)

Tips-tips Kolaborasi yang Baik

Dalam menjalankannya, banyak orang yang masih kesulitan untuk melakukan kolaborasi tim, karena tidak semua orang memiliki naluri alami untuk bekerja dengan orang lain. Namun, kemampuan berkolaborasi ini dapat Anda kembangkan dan tingkatkan secara bertahap. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kegiatan kolaborasi yang efektif dalam lingkungan kerja sebagai berikut:

1. Pastikan seluruh anggota tim terlibat

Ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sedang berkolaborasi dalam suatu tim. Hal ini dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa semua anggota tim benar-benar terlibat dan terlibat dalam setiap proses kerja kolaboratif. Mulai dari perencanaan awal, pembagian tugas, dan penyelesaian akhir pekerjaan yang sesuai  dengan keahlian masing-masing anggota. Jangan sampai anggota tim merasa kurang informasi atau tertinggal. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi pada timeline yang sudah terjadwal sebelumnya.

2. Menentukan tujuan kolaborasi yang jelas

Strategi utama dalam menyusun tim dengan kinerja terbaik adalah dengan cara mengkomunikasikan tujuan bisnis secara jelas. Jadi, dalam kolaborasi tentunya harus ada yang namanya komunikasi. Bicarakan secara terbuka saat diskusi atau brainstorming menyangkut segala hal yang berkaitan dengan kolaborasi ini. 

Sebelum kolaborasi benar-benar berjalan, Anda dan tim perlu memiliki tujuan yang jelas untuk apa kolaborasi tersebut ada. Setelah memiliki tujuan yang jelas, tujuan awal yang telah Anda dengan tim tentukan harus segera tersepakati.

3. Gunakan tools pendukung sesuai kebutuhan 

Untuk cara ini dapat Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan dari kolaborasi itu sendiri. Biasanya disepakati dengan tim untuk menggunakan tools berupa sistem, software, maupun aplikasi digital yang umumnya tersedia saat ini. Aplikasi digital ini kemudian dapat Anda gunakan untuk mendukung kegiatan ini dalam bekerja agar lebih efektif dan efisien. Beberapa contohnya yaitu seperti sistem ERP, software akuntansi, manajemen inventaris, atau marketing automation.

4. Persiapkan tempat untuk bertukar pikiran

Jika Anda ingin kolaborasi berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang baik, Anda tidak boleh egois dalam mengambil keputusan. Karena arti kolaborasi sendiri mencakup berbagai sumber daya dan tanggung jawab yang berarti berkolaborasi merupakan pekerjaan bersama, maka Anda harus mengambil keputusan bersama dengan tim Anda. Berikan rekan kerja Anda tempat dan ruang untuk mengekspresikan pendapat mereka. Luangkan waktu untuk mendiskusikan hasil kolaborasi Anda satu sama lain. Jadi, Anda dan rekan tim dapat mengetahui ide yang dimiliki satu sama lain. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menunjukkan apresiasimu terhadap tim.

5. Jangan menjadi anggota yang tertutup

Salah satu sikap yang mempersulit kerjasama adalah sikap tertutup. Terlebih atas saran atau ide kreatif yang Anda miliki untuk mengembangkan pekerjaan atau bisnis. Keterbukaan adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan efektifitas dari kegiatan ini. Maka dari itu, Anda harus mampu memberikan ide dan komentar Anda secara aktif dalam berkolaborasi. 

 

Nah, itulah penjelasan singkat tentang kolaborasi. Dengan berkolaborasi pekerjaan Anda menjadi mudah dan bisa mencapai tujuan dengan cepat secara bersama. Gimana? Sampai sini sudah paham? Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi, ikuti pelatihan yang kami sediakan. Untuk info selanjutnya hubungi…..

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Public Program

Signature Programs

Read More
LEGO® SERIOUS PLAY®
Read More
Leadership In Motion
Read More
Outdoor Learning Experience

Follow Us

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Agenda Public Program Risconsulting 2022

Klien Kami

Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

Jakarta Barat – 11470

info@ris.co.id
(021) 278 99 508

© Risconsulting, Inc. 2021. All rights reserved.

X