Manfaat Pelatihan Story Telling Online Bagi Karir Profesional

Pelatihan Story Telling Online Untuk Karir

Ini Manfaat Ikut Kelas Pelatihan Story Telling Online Bagi Karyawan

Banyak yang menganggap kemampuan story telling hanya diperlukan bagi mereka yang berprofesi sebagai pendongeng, guru taman kanak-kanak ataupun guru kelompok bermain. Padahal, kemampuan story telling ini juga memberi manfaat besar bagi karyawan, pekerja professional sampai level manager sekalipun.

Berikut akan dipaparkan manfaat jika Anda mengikuti kelas pelatihan story telling online bagi pengembangan karir.

Arti Story Telling Pelatihan Story Telling Online

Dalam arti harfiah, story telling bisa disebut sebagai kegiatan menceritakan sebuah ide, cerita atau hal kepada orang lain. Terdiri dari dua kata, story (cerita) dan telling (menyampaikan).

Kegiatan menyampaikan cerita atau gagasan ini dapat dilakukan secara lisan dengan bantuan media lain, misalnya dengan alat peraga, layar proyektor, media bergambar dan sebagainya. Kegiatan ini jelas akan memberi manfaat bagi si pembawa pesan. Apa saja manfaat story telling bagi Anda sih?

Manfaat Pelatihan Story Telling Online Bagi Karir

Bagi karyawan, mengikuti kelas pelatihan story telling online akan dapat membantu perkembangan karirnya di masa depan. Pasalnya, pada kelas pelatihan story telling ini mereka akan mendapatkan manfaat antara lain:

  1. Melatih kemampuan berbicara di depan publik.

  2. Memperbanyak perbendaharaan kata.

  3. Meningkatkan kepercayaan diri.

  4. Membantu memperlancar berbicara dalam kalimat-kalimat panjang.

  5. Meningkatkan konsentrasi, dan banyak hal lainnya.

Mengenal Struktur Story Telling Pelatihan Online

Dalam bercerita, maka Anda harus memahami apa saja yang menjadi unsur dasarnya. Berikut adalah beberapa unsur penting dalam proses story telling.

  • Orientasi

Ini dapat disebut juga sebagai tahap perkenalan. Salah satu unsur penting agar story telling Anda menarik minat pendengar. MAsukkan informasi dasar, pertanyaan terkait bahan cerita atau berikan kutipan-kutipan tokoh di sini. Hal tersebut terbukti ampuh memancing penasaran para pendengar.

  • Komplikasi

Pada tahap ini, Anda mulai memasukkan masalah yang dihadapi di dalam cerita. Buatlah sebanyak mungkin masalah yang timbul sehingga membuat pendengar merasakan betul permasalahan tersebut.

  • Resolusi

Pada tahap terakhir, Anda harus menyimpulkan sebuah solusi dari permasalahan tersebut. Solusi bisa saja berakhir dengan bagus, tapi bisa juga solusi menjadi hal yang tidak diharapkan. Keduanya memiliki ketertarikan bagi para pendengar dan memancing antusiasme mereka.

Teknik Umum Dalam Story Telling

Secara umum ada beberapa teknik yang akan Anda pelajari dalam kelas pelatihan story telling online ini. 

  1. Sparkline. Teknik ini biasanya menggunakan cara dengan memaparkan perbedaan bertolak belakang di lapangan dengan kondisi yang ideal, atau disebut paradoks.

  2. Start false. Teknik ini mengambil pola cerita dari kesalahan di masa lalu dan cara efektif agar kesalahan serupa tidak terulang. 

  3. Monomyth. Berupa teknik menceritakan sesuatu berdasarkan proses dari awal, megalami jatuh bangun sampai akhirnya berhasil.

 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Public Program

Signature Programs

Read More
LEGO® SERIOUS PLAY®
Read More
Leadership In Motion
Read More
Outdoor Learning Experience

Follow Us

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Agenda Public Program Risconsulting 2022

Klien Kami

Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

Jakarta Barat – 11470

info@ris.co.id
(021) 278 99 508

© Risconsulting, Inc. 2021. All rights reserved.

X