4 Tips Manajemen Waktu Agar Produktivitas Tetap Stabil

Manajemen Waktu

4 Tips Manajemen Waktu Agar Produktivitas Tetap Stabil

Manajemen waktu memang sangat penting untuk kelangsungan berpoduktivitas dan juga hidup. Seseorang yang disiplin akan cenderung lebih produktif ketimbang mereka yang suka sekali dalam menyepelekan atau menunda waktu. 

Bagi mereka yang tidak tahu bagaimana mengatur waktu, 24 jam rasanya masih sangat kurang. Padahal 24 jam adalah waktu yang sangat cukup untuk mereka yang paham bagaimana menempatkan waktu dengan tepat. Sehingga, seseorang yang mahir mengatur waktu akan tepat waktu dalam segala hal, seperti datang ke pertemuan, mengumpulkan target, dan lain sebagainya. 

Banyak orang yang kesulitan dalam melakukan manajemen waktu. Namun, jika kamu tau tips dan triknya, tentu ini akan sangat mudah dilakukan.

Ini 4 Tips Manajemen waktu untuk membuat produktivitasmu lebih maju dan stabil.

  • Hentikan kebiasaan menunda saat manajemen Waktu

Sadar atau tidak, banyak dari kita yang suka menunda saat mengerjakan sesuatu sehingga kita merasa waktu seharian amat sangatlah kurang. Kebiasaan kita menunda, menyebabkan pekerjaan akan selesai dalam waktu yang lebih lama. Akibatnya, kita tak bisa berpindah pada pekerjaan lain dan memenuhi tenggat target lebih cepat. Kita yang hobi menunda, akan sangat berapi-api mengerjakan sesuatu sebelum tenggat. Kebiasaan yang seperti ini akan berakibat buruk bagi tubuh dan membuat rencana gagal diseelesaikan tepat pada waktunya. Mulai sekarang, berhenti dalam menunda-nunda pekerjaan untuk mendapatkan manajemen waktu yang lebih baik. 

  • Buat Prioritas sebagai langkah awal manajemen waktu

Prioritas menentukan apakah waktu yang dipakai efektif atau tidak. Kamu bisa mengatur waktu menjadi lebih efektif apabila kamu bisa menempatkan prioritas sesuai dengan urgensinya. Pastikan untuk mengerjakan terlebih dahulu prioritas yang paling penting, yang paling urgen, lalu disusul dengan prioritas di bawah itu. Apabila kamu kesulitan dalam mengklasifikasinya, kamu bisa menerapkan kotak Eisenhower yang akan membantu kamu untuk menentukan mana pekerjaan yang bisa kamu kerjakan lebih dulu. 

  • Jangan terlalu banyak berpikir agar manajemen waktu efektif

Terhambatnya produktivitas terkadang disebabkan oleh yang kita yang suka terlalu banyak berpikir. Kita terlalu banyak pertimbangan sehingga tak sadar kalau pekerjaan haruslah cepat-cepat dieksekusi agar kita bisa megerjakan pekerjaan yang lain.  Selain rencana yang matang dan realistis, mereka yang sukses pasti akan berani untuk memulai. 

  • Hindari Stress untuk memperlancar manajemen waktu

Begitu kamu merasa pekerjaan begitu berat, maka tentu saja itu akan menghambat pekerjaanmu dan pencapaian target. Saat stress, kita cenderung tidak fokus dan tidak semangat dalam bekerja. Target tak selesai, dan produktivitas sudah pasti menurun. Untuk itu, hindarilah stress dan lakukan relaksasi. Jika dirasa pekerjaan sangat berat, maka berhentilah dulu untuk sejenak untuk istirahat dan kembali menenangkan pikiran. 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Public Program

Signature Programs

Read More
LEGO® SERIOUS PLAY®
Read More
Leadership In Motion
Read More
Outdoor Learning Experience

Follow Us

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Agenda Public Program Risconsulting 2022

Klien Kami

Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

Jakarta Barat – 11470

info@ris.co.id
(021) 278 99 508

© Risconsulting, Inc. 2021. All rights reserved.

X