Keunggulan Training Inovasi Produk bagi Perusahaan yang harus Diketahui

Keunggulan Training Inovasi Produk

Era digital membawa tingkat persaingan usaha semakin tajam. Kecepatan akses dan interaksi langsung dengan konsumen harus dimanfaatkan. Sehingga bagi pelaku usaha, mampu memberikan inovasi baik dari segi produk dan layanannya tentu akan menjadi nilai tambah dalam bersaing di era digital.

Training inovasi produk tentu saja dapat dilakukan oleh pelaku usaha sebagai upaya dalam meningkatkan nilai-nilai perusahaan. 

A . Pentingnya Inovasi Produk

Inovasi produk dapat diartikan sebagai mengembangkan atau menciptakan produk-produk baru yang sesuai dengan minat konsumen atau pasar. Hal ini diharapkan akan menumbuhkan minat untuk membeli atau memakai produk dan layanan dari perusahaan tersebut.

Inovasi produk dapat ditempuh dengan tiga jalan, yaitu:

  1. Mengembangkan produk yang sudah ada,

  2. Membuat atau menciptakan produk-produk baru, dan

  3. Menambahkan nilai pada produk yang telah ada.

A . 1. Pengembangan Inovasi Produk 

Mengembangkan produk yang sudah ada bisa bersifat radikal, artinya merubah produk secara total. Pada metode ini, risiko kegagalan juga besar. Untuk itu dalam pengembangan produk harus melalui beberapa tahapan, mulai dari:

  • Pengumpulan ide,

  • Analisa ide dan menyaring kelemahan serta keunggulan,

  • Pengembangan dna uji konsep,

  • Penentuan strategi dan target pasar,

  • Uji pasar dan,

  • Komersialisasi.

A . 2. Inovasi Produk Baru

Sering juga disebut dengan metode inkremental, atau perubahan tambahan atau perubahan kecil pada produk sehingga menghasilkan produk yang baru. Sering disebut juga dengan penyempurnaan produk.

Banyak perusahaan yang memiliki divisi pengembangan produk dan berfokus pada pembuatan produk atau layanan dengan metode ini. Intinya, metode ini menjadi kebutuhan utama untuk membarui layanan dan produk sesuai dinamika pasar.

A . 3. Menambahkan Fungsi dan Nilai Produk 

Perbedaan pada metode ini adalah, tidak semua fungsi ataupun fitur dari produk mengalami perubahan. Hanya beberapa fungsi yang berubah sesuai dengan tujuan dan target pasar.

B . Tujuan Inovasi Produk

Secara umum, training inovasi produk akan memudahkan pelaku usaha untuk meraih beberapa poin seperti di bawah ini:

  1. Mendapatkan kualitas yang meningkat. Artinya, secara waktu produk dan layanan tentu akan menjadi usang. Dengan inovasi produk maka hal ini dapat dihindari. 

  2. Memenuhi keinginan konsumen. Berubahnya trend dan keinginan konsumen harus disikapi dengan cepat agar perusahaan tidak tertinggal dalam persaingan.

  3. Membuka pasar dan peluang baru. Inovasi produk juga dapat membawa pada terciptanya peluang dan keuntungan baru. Inilah salah satu nilai penting dari training inovasi produk.

  4. Meningkatkan efisiensi produk dan layanan. Produk dan layanan yang inovatif tentu akan meningkatkan efisiensi di mata pelanggan.

C . Tips Dalam Inovasi 

Sebagai gambaran, berikut adalah tips untuk memulai training inovasi produk yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

  • Mencari sudut pandang berbeda. Berpikir out of the box dapat membuat pencarian ide inovasi produk berlangsung lebih menyenangkan.

  • Fokus pada tujuan. Apa yang ingin dicapai dalam training inovasi produk tersebut? Buatlah penjabaran tentang tujuan-tujuan yang ingin dicapai sehingga ide lebih mudah dilaksanakan.

  • Meubah kemasan. Baik layanan dan produk, dapat diubah secara kemasan. Ini termasuk salah satu inovasi produk yang paling cepat dan mudah dilakukan.

 

 

 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Public Program

Signature Programs

Read More
LEGO® SERIOUS PLAY®
Read More
Leadership In Motion
Read More
Outdoor Learning Experience

Follow Us

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Agenda Public Program Risconsulting 2022

Klien Kami

Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

Jakarta Barat – 11470

info@ris.co.id
(021) 278 99 508

© Risconsulting, Inc. 2021. All rights reserved.

X