Training for Trainer, Untuk Pelatih Internal untuk Pelatihan Karyawan Perusahaan

Tentang

Training for Trainer, Untuk Pelatih Internal

  • Training for trainer adalah model pengembangan sumber daya manusia yang biasa dilakukan di tempat kerja untuk memaksimalkan peran sumber daya manusia perusahaan. Pelatihan karyawan atau employee training memang sering dilakukan untuk keperluan jagka panjang perusahaan. Namun, program ini sering kali berhenti karena terkendala biaya, atau karena perusahaan merasa hasil dari pelatihan karyawan tidak maksimal.

    Seorang konsultan Guthrie-Jensen memaparkan sebuah statistik yang menunjukkan bahwa perusahaan di level global merugi hingga $13,5 juta setiap tahun per 1.000 karyawan, karena pelatihan yang tidak efektif. Sebagai solusinya, banyak juga perusahaan yang mengadopsi program ‘Training for Trainer’ untuk mengembangkan tenaga ahli di perusahaan tanpa harus berkali-kali mengirim karyawan untuk mengikuti pelatihan eksternal yang mahal biayanya.

    Training for trainer mengadopsi model pelatihan yang diberikan pada karyawan agar karyawan tersebut dapat melatih karyawan lain di perusahaannya. Atau bisa dibilang training for trainer akan menghasilkan in house trainer yang tentu akan meminimalisir kerugian perusahaan apabila training karyawan eksternal tidak bisa dirasakan dengan maksimal.

    Program Training for trainer memberikan perusahaan seorang karyawan yang dapat melatih karyawan lainnya. Selain itu, training for trainer juga membuat in-house trainer dapat menyesuaikan pelatihan dengan tepat seperti yang perusahaan butuhkan.

Pelajari selengkapnya tentang

Training for Trainer, Untuk Pelatih Internal

4 Manfaat Metode Pelatihan Training for Trainer

Team Building Online pengalaman

1. Memastikan transfer kealihan dengan permanen

  • Pelatihan karyawan sering kali tidak membuahkan hasil yang tahan lama. Hasil dari pelatihan hanya akan terasa di awal, namun tidak ada tindak lanjut yang berarti setelah itu. Perbaikan yang dilakukan karyawan tidak permanen, dan ini memberugikan kerugian pada perusahaan yang telah memberikan pelatihan pada karyawan-karyawannya.
    Jika tak ada rencana untuk menerapkan kebiasaan baru yang didapat selama pelatihan, bisa jadi karyawan akan kembali kepada cara lama dan membuat semua program jadi terasa percuma.
    Dengan memiliki in house trainer yang kompeten, tentu akan dapat membantu menindaklanjuti dan memnatau karyawan, sehingga ketrampilan baru karyawan akan menjadi sesuatu yang permanen.
Team Building Online pengalaman

2. Memungkinkan pelatihan dirancang sesuai kebutuhan

  • Pelatih internal atau in house trainer tentu saja memahami budaya organisasi, produk perusahaan dan kebutuhan pelanggannya, yang mana hal ini memungkinkan mereka untuk membuat pelatihan sesuai dengan kebutuhan semua staf dan perusahaan mereka. Dengan menguasai segala aspek tentang budaya perusahaan, pelatih internah akan dengan mudah menjadikan beberapa hal sebagai contoh kasus untuk dijadikan bahan pelatihan. Ini akan membuat pelatih lebih terbasa dan lebih mungkin untuk mengimplementasikan apa yang mereka latih.

Team Building Online pengalaman

3. Meminimalisir biaya pelatihan

  • Pelatihan eksternal pada karyawan memungkinkan perusahaan bisa membayar biaya yang sama atau lebih besar dari gaji karyawan. Hal ini dikarenakan besar biaya yang dikeluarkan mencakup per kepala untuk karyawan yang melakukam pelatihan di luar perusahaan. Sementara pelatihan in-house yang dilakukan oleh karyawan sendiri akan menghemat banyak biaya pelatihan. Pelatihan in house tak harus membayar biaya perjalanan, biaya inap hotel, atau biaya parkir. Pelatihan in house umumnya dilakukan di lokasi perusahaan daripada di hotel atau tempat menginap lainnya. Jadi, biaya yang dikeluarkan cenderung lebih sedikit dan hemat.
Team Building Online pengalaman

4. Menghindari ‘downtime’ di tempat kerja

  • Jarang ada 3perusahaan yang ingin mengambil resiko dengan menutup sementara perusahaan mereka selagi karyawan mengikuti pelatihan. Hal itu tentu akan membuat alur kerja jadi terhambat.
    Memiliki pelatih internal berarti seluruh karyawan dapat melakukan pelatihan di tempat kerja. Pelatih in house yang seakan seperti pelatih pribadi akan menyesuaikan sesi pelatihan dengan jadwal karyawan, sehingga setiap gangguan bisnis dapat dihindari atau diminimalisir.
    Proses Training for Trainer memberikan instruksi, pembinaan dan umpan balik untuk mempersiapkan mereka yang diproyeksikan untuk memberikan pelatihan dalam perusahaan, baik di level supervisor ataupun manajer. Jika Anda sudah memiliki trainer dalam perusahaan, itu hal bagus. Namun ada hal lain yang dibutuhkan agar peran mereka mampu membawa keuntungan bagi perusahaan.
    Selama program Training the Trainer, trainer atau pelatih in-house diajari cara menyampaikan materi Jika disampaikan oleh instruktur yang lebih berpengalaman, kursus ini mencakup semuanya, mulai dari cara mendesain materi pelatihan, hingga keterampilan interpersonal yang lebih baik. Kisarannya tidak terbatas..

Tentang

Tujuan Training for Trainers

  • Agar peserta pelatihan dapat memahami peran penting seorang trainer dalam menjalankan training.
  • Agar peserta pelatihan dapat mampu menjadi seorang trainer berbasis experiential learning.
  • Agar peserta mampu mengembangkan program Inhouse Training di perusahaan/institusi atau Outhouse Training lainnya.
  • Agar peserta pelatihan mampu mengenali kunci sukses seorang trainer.
  • Agar peserta dapat menerima feedback & evaluasi serta mampu mengembangkan diri menjadi seorang trainer yang berkompeten dan handal.

Materi Training for Trainers

Untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelatihan, para peserta akan dberikan materi khusus. Dalam pelatihan ini biasanya akan dibahas berbagai topik diantaranya:

  • Materi Pengantar dan Kunci Sukses Seorang Trainer
  • Materi Teknik Presentasi
  • Materi Persiapan Materi Training
  • Materi Manajemen Peserta Training
  • Materi Metode Training dan Penggunaan Media Training
  • Materi Praktek, Feedback dan Evaluasi
  • Materi Siklus Training dan Konsep Training
  • Icebreaking
  • Risconsulting, sebagai lembaga training consultant memiliki program training for trainer yang memberikan transfer knowledge berupa memfasilitasi audiens untuk dapat mengeksplore pemahaman konsep pembelajaran, yang beguna untuk meningkatkan kemampuan individu dalam mengembangkan skill training.
    Peserta yang akan didapuk menjadi in-house trainer akan dibekali kemampuan dan wawasan yang lebih luas, dilatih untuk bisa meemberikan pelatihan pada karyawan dan menjadi seorang yang professional dan memiliki kapabilitas terbaik bagi aset perusahan Anda.
    Risconsulting adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi dan training sumber daya manusia. Perusahaan ini berfokus untuk melengkapi individu di dalam bisnis dengan objektif dengan cara menajamkan karakter, kemampuan, serta kepemimpinan dalam meningkatkan performa bisnis.

Pelajari selengkapnya tentang

6 Aspek menjadi motivator meliputi;

Events

Lego
Serious
Play®

Leadership
In
Motion

Outdoor Learning Experience

Kami siap membantu Anda

Pelajari lebih lengkap bersama kami

Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

Jakarta Barat – 11470

info@ris.co.id
(021) 278 99 508

X