December 12, 2024
Service Excellent berasal dari bahasa inggris, service yang artinya jasa, pelayanan, dan tugas, sedangkan excellent adalah unggul, ulung, terbaik. Pengertian Service Excellent adalah upaya memberikan layanan terbaik untuk yang berorientasi pada kepentingan pelanggan yang memungkinkan kita mampu memberikan dan terciptanya kepuasan yang optimal.
Pengertian service excellent yang dalam bahasa Indonesia adalah pelayanan prima, dapat diterapkan pada semua jenis usaha, baik itu barang maupun jasa, layanan masyarakat maupun produk pangan demi terciptanya pelanggan yang puas dan loyal.
Untuk meendukung teciptanya pelayanan yang optimal, kepuasan pelanggan yang optimal serta pelanggan yang loyal maka perlu memberikan
Pastinya setiap tindakan yang dilakukan perusahaan dari berbagai jenis usaha dalam menerapkan service excellent memiliki tujuan, seperti
Penerapan service excellent pada setiap perusahaan biasanya memiliki beberapa aspek, secara umum aspek-aspek service excellent adalah sebagai berikut:
Penampilan yang menunjang sangat diperlukan agar pelanggan merasa nyaman dan aman, misalnya resepsionis yang mmenggunakan pakaian rapi, satpam yang dilengkapi dengan alat pengamanan.
Karyawan yang melayani pelanggan harus memiliki sopan-santun, sabar dan tidak egois saat bertugas tanpa membedakan status sosial maupun tingkat ekonomi.
Profesionalitaas seorang karyawan dalam melayani pelanggan harus dimiliki dengan adanya rasa ingin dan siap melayani pelanggan sebagai mana mestinya.
Dalam melayani pelanggan, seorang karyawan harus memahami dan memiliki pengetahuan maupun keahlian berdasarkan pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Efisiensi waktu dalam melayani sangat diperlukan agar pelanggan tidak merasa waktunya terbuang denngan sia-sia.
Hendaknya dalam setiap pemberian service excellent harus memiliki aspek kejujuran, baik dalam hal aturan, pembiayaan maupun dalam menyelesaikan pelayanan dengan tepar.
Efisiensi dan efektivitas sangat dibutuhkan saat memberikan service excellent karena pelanggan terkadang menuntut hal-hal tersebut.
Biasanya setiap hasil akhir pada service excellent yang diberikan, pelanggan memerlukan kepastian hukum agar timbulnya rasa aman dan terpercaya.
Keterbukaan sangat diperlukan agar pelanggan mendapatkan informasi yang jelas sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.
Penetapan biaya dalam pemberian service excellent haruslah wajar untuk menyesuaikan dengan daya beli masyarakat.
Dari semua aspek service excellent, penerapan pada perusahaan pastinya akan berbeda sesuai jenis industrinya serta kebutuhan pelanggan. Contoh service excellent pada industri kesehatan, khususnya rumah sakit adalah dengan memberikan pelayanan yang jelas, terbuka dan memiliki skepastian hukum ataas suatu hal yang ilmiah agar pelanggan entah itu wali maupun pasien itu sendiri dapat memahami dengan jelas. Selain itu, contoh service excellent dalam dunia perbankan adalah satpam yang memberikan rasa aman dan arahan yang tepat kemana pelanggan harus menuju bagian teller atau customer service ketika pertama kali ke bank.
Company
Signature Program
Podomoro City Blok
Garden Shopping Arcade Blok B/8DH
Jakarta Barat - 11470
info@ris.co.id
(021) 278 99 508